Jumat, 28 Juni 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                    :  SMK Sultan Agung Kemlagi
Kelas/Semester                   : X / 2
Alokasi Waktu                    : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian       :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian     :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian         :  1.   Teknik Kendaraan Ringan (020) 
Standar Kompetensi           1.   Memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar              :  1.1 Mengindentifikasi sistem hidraulik

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Prinsip dasar sistem  hydrolik dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Grafik simbol sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif dijelaskan sesuai service manual
§  Trace flow sirkuit sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jenis cairan hidrolik dijelas kan sesuai spesifikasi dan karakteristiknya

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindentifikasi sistem hidraulik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat memahami grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat memahami komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat memahami trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat memahami jenis cairan hidrolik
Afektif
§  Siswa dapat mengenal prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat mengenal grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat mengenal komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat mengenal trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat mengenal jenis cairan hidrolik
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat menjelaskan grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat menjelaskan trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat menjelaskan jenis cairan hidrolik

Nilai Karakter Bangsa :
  Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi
 Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
  •   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  •   Berorientasi tugas dan hasil (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  •   Berani mengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin).
  •   Berorientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

III.       Materi Pokok
§  Prinsip dasar kerja hidraulik
§  Grafik simbol
§  Komponen hidraulik
§  Jenis cairan hidrolik

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu.
   Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
    jawab.)
§  Memimpin do’a. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu.
   Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
   jawab.)
§  Melakukan apersepsi. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Menyampaikan materi. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan pengertian  satuan  besaran   skalar dan besaran vektor dengan menggali
   berbagai informasi (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu.
   Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung
   jawab.)
§  Mempelajari prinsip dasar mekanika statika dengan cara mengali informasi dari Modul. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Mempelajari menerapkan besaran vektor dengan cara mengali imdomasi dari Modul (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Mempelajari pengertian konsep gaya (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Mendeskripsikan momen dan kopel (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Mendeskripsikan penjumlahan gaya melalui pengerjaan soal-soal latihan. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)


Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama (nilai yang ditanamkan: Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.)

V.          Alat dan Sumber Belajar
§  Modul pemeliharaan kompressor
§  Buku manual
§  Unit kompressor
§  Alat-alat tangan

VI.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Prinsip dasar sistem  hydrolik dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Grafik simbol sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif dijelaskan sesuai service manual
§  Trace flow sirkuit sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jenis cairan hidrolik dijelas kan sesuai spesifikasi dan karakteristiknya
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Jelaskan Grafik simbol sistem hidrolik. (C1)
§  Jelaskan Komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif sesuai service manual (C1)
§  Jelaskan Trace flow sirkuit sistem hidrolik. (C1)
§  Jelaskan Jenis cairan hidrolik sesuai spesifikasi dan karakteristiknya (C1)



Mengetahui,
Kepala SMK SULTAN AGUNG



Drs.WIJAYANINGPRANG,MM
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



......................................................
NIP/NIK :


Tidak ada komentar :